Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Kerajinan Bunga Plastik


Limbah plastik saat ini menjadi salah satu masalah yang ada di Indonesia. Oleh karena itu pemanfaatan limbah saat ini sangat diutamakan. Ada beberapa solusi untuk mengurangi sebagian limbah yang ada di Indonesia, salah satunya adalah dengan mendaur ulang menjadi barang-barang yang memiliki nilai jual yang tinggi. Proses ini memerlukan kreatifitas dan keuletan dalam mengolah limbah tersebut.
Salah satu proses pemanfaatan limbah tersebut adalah dengan membuat kerajinan tangan, diantaranya adalah bunga plastik yang sangat mudah dilakukan.
Kualitas kreasi bunga plastik yang kini dipasarkan, memiliki bentuk yang sangat mirip dengan bunga aslinya. Sehingga bunga plastik diminati pula oleh para konsumen. Selain itu bentuknya yang mirip dengan aslinya, bunga plastik juga bisa bertahan lebih lama daripada bunga asli. Dan yang lebih menarik lagi, bunga plastik bisa dibersihkan jika mulai kotor. Hanya dengan merendamnya dengan deterjen, maka warnanya akan kembali cerah seperti baru lagi.
Kreasi bunga plastik juga bisa dirangkai, layaknya seperti rangkaian bunga asli. Dengan merangkai bunga plastik yang disertai dengan pot cantik, memberikan nilai jual yang lebih mahal disbanding bunga plastik yang tidak dirangkai. Jadi dengan kreasi bunga plastik kita dapat membuka dua peluang usaha sekaligus, usaha menjual bunga plastik eceran serta menjual rangkain bunga plastik yang cantik. Kreasi bunga plastik dapat dijadikan sebagai salah satu bisnis rumahan yang menjanjikan. Kini peluang sukses untuk bisnis rumahan pun terbuka lebar.
Berikut kami berikan salah satu contoh cara pembuatan bunga plastik yang paling sederhana, cukup menggunakan sedotan plastik bekas yang ada di sekitar Anda.

Alat.
1. Gunting
2. Korek api
3. Lilin/ Lampu tempel

Bahan.
1. Kantong plastik bekas (kresek). pilih sesuai warna yang diinginkan.
2. Lidi atau kawat dengan diameter 1-2 mm
3. Putik bunga plastik (aksesoris tambahan)

Cara membuat.
Lipat kantong plastik membentuk segitiga (3-4 lipatan) kemudian gunting bagian yang lebar membentuk setengah lingkaran/ lancip untuk menciptakan kesan kelopak. Kemudian bakar dengan menggunakan lilin atau lampu tempel untuk membuat pola ruas-ruas kelopak bunga.Gb.1. Cara pembuatan ruas kelopak

Untuk membuat daun, lipat plastik jadi dua kemudian potong membentuk pola daun. Bakar ditengah lipatan untuk membuat pola batang daun. Kemudian rangkai 3-4 kelopak jadi satu hingga membentuk bunga. Tambahkan putik bunga plastik untuk memberi kesan seperti bunga asli. Yang terakhir satukan bunga dengan lidi atau kawat dengan benang kemudian tutup dengan kertas krep atau plastik hitam yang telah dipotong lurus kemudian bakar dengan korek api.

Selamat mencoba....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Ebook Craft mengatakan...

bagus sis.. terimakasih share tutorialnya..

Posting Komentar